Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin mempunyai sejarah dan nilai histori yang cukup kental. Masjid ini pernah digunakan sebagai Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) ke XXI pada 4 – 11 Juni 2011 silam. Berikut ulasan singkat mengenai Masjid Raya di Banjarmasin.

Sejarah Mesjid Raya Sabilal Muhtadin

Penamaan Sabilal Muhtadin didasarkan pada penghargaan serta penghormatan kepada Ulama Besar alm. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Semasa hidupnya, beliau mengabdikan seluruh tenaga dan pikirannya untuk syiar Islam, khususnya di Kerajaan Banjar pada 1710-1812 M.

Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari tidak hanya terkenal di seluruh nusantara, akan tetapi sangat dijunjung dan dihargai di berbagai negara. Kemasyuran beliaulah yang akhirnya diimplementasikan di Masjid Raya Banjarmasin untuk tujuan dapat meneladani sifat dan kebaikan ulama besar tersebut.

Masjid ini dulunya adalah bangunan Benteng Tatas atau Fort Tatas dengan luas keseluruhan mencapai 100.000 M2. Ruang tempat ibadahnya mencapai 3250 M2 dan didukung bangunan utama memiliki luas 5250 M2.

Masjid Raya Sabilal juga mempunyai 1 menara besar dengan tinggi mencapai 45 meter. Bangunan tersebut semakin indah dengan tambahan 4 menara kecil dengan tinggi masing-masing menara 21 meter.

Konsep Estetika Interior Masjid

Bangunannya yang kaya dengan sentuhan menarik tentu tidak sembarangan dan mempunyai filosofi masing-masing. Ornamen yang menghiasi ruang-ruang di dalamnya bertujuan untuk menanamkan rasa keagamaan yang lebih dalam.

Desain interior masjid yang beraneka warna dan bentuk menawan memiliki arti sebagai analogi kekayaan dan keberagaman yang ada di Kalimantan. Motif tumbuhan yang ada di dalamnya juga menjadi wujud tradisi seni hias pada masjid di seluruh dunia.

Konsep estetika interiornya merupakan bentuk kreativitas para seniman dalam memasukkan nilai religi dalam sebuah karya seni. Apabila diperhatikan secara lebih detail dan seksama, setiap lekukan dan coretan mempunyai makna yang sangat mendalam.

Adanya desain Kerawang di bagian pintu utama, dinding, maupun pintu samping merupakan bentuk usaha dalam menciptakan keseimbangan. Maksud keseimbangan adalah bangunan masjid terkesan berat karena materialnya yang kokoh, kemudian diimbangi dengan dekorasi di beberapa bagian.

Untuk Anda yang berminat mengunjungi tempat ini bisa langsung datang kapan saja. Jika terkendala transportasi bisa menggunakan jasa CV. Nabil Group, sebagai rental mobil di Banjarmasin yang telah berpengalaman dan memiliki sopir profesional yang berpengalaman. Untuk mobil bisa menyesuaikan budget Anda dan keluarga yang ingin datang langsung dan melihat keindahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.