Pulau Bakut Banjarmasin

Nama Pulau Bakut Banjarmasin mungkin belum begitu familiar di telinga Anda karena baru dibuka 11 Februari 2022 kemarin. Walaupun masih baru dirilis, Pulau Bakut memiliki segudang daya tarik yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Berikut ini ulasan lengkap seputarnya untuk Anda.

1. Lokasi yang Strategis

Saat Anda mendengar Kota Banjarmasin, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah Sungai Barito. Apabila sudah mengetahui lokasi sungai tersebut, maka menemukan Pulau Bakut bukanlah hal sulit. Hal ini dikarenakan objek wisata alam tersebut berada tepat di bawah Jembatan Barito.

2. Menyandang Status Kawasan Pelestarian Alam

Fakta menarik selanjutnya dari Pulau Bakut adalah statusnya sebagai kawasan pelestarian alam dengan fungsi taman wisata alam. Hal itu didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 1400 Kpts-II/2003 yang dikeluarkan pada tahun 2003.

Pemerintah setempat juga sudah merancang kawasan Pulau Bakut sebagai peruntukan wisata yang terintegrasi dengan Jembatan Barito. Proyeksi tersebut tercantum dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Barito Kuala 2011-2031 sebagai tempat wisata terpadu atau sistem paket.

Rencana pengembangan Pulau Bakut juga dicanangkan pada Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Hal ini tentu menjadi peluang potensial untuk mengenalkan segala kekayaan flora dan fauna yang terdapat di dalamnya ke kancah nasional dan internasional.

3. Menjadi Ekosistem Hutan Mangrove

Salah satu ciri khas dari Pulau Bakut adalah lantai hutannya selalu tergenang air. Intensitas ketinggian air pun berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasang surut air sungai. Hal itu membuat tumbuhan mangrove bisa tumbuh dengan optimal.

Beberapa jenis flora yang mendiami kawasan Pulau Bakut adalah Jeruju, Piai, Api-api, Putat, Kelampa, Bakung, dan Buta-buta. Tidak hanya itu, tumbuhan Beringin Karet, Jingah, Nipah, Pandan, Rambai, dan Mirih juga tumbuh subur di sana.

4. Habitat Alami Berbagai Fauna Endemik

Pulau Bakut juga menjadi habitat asli dengan ekosistem hutan mangrove dari Bekantan yang sudah terancam punah sejak tahun 2012. Oleh karena itu, di kawasan Pulau Bakut memiliki kawasan yang ketat dan terintegrasi untuk menjamin keamanan fauna di dalamnya.

5. Trasportasi Ke Pulau Bakut

Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata bersama keluarga bisa menggunakan jasa rental mobil dan setelah dibawah jembatan barito, Anda bisa naik klotok untuk pergi menyebrang ke pulau ini. Untuk jasa rental mobil bisa menggunakan CV. Nabil Group rental mobil Banjarmasin yang telah berpengalaman dan terpercaya. Dapatkan pelayanan VVIP untuk segala jenis mobil jika sewa menggunakan driver profesional kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.