Mengenal Kudapan Khas Suku Banjar

amplang kerupuk khas banjarmasin

Rental Mobil Banjarbaru – Selain populer di mancanegara karena memiliki anugrah alam yang begitu mempesona, Kota Banjarmasin juga menyimpan banyak potensi budaya yang sangat layak untuk dieksplor ke seluruh dunia. Budaya kental dari suku Banjar sebagai identitas paling menonjol dari suku Banjar selalu identik dengan budaya perairan, hal ini disebabkan karena wilayah perairan yang paling mendominasi sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pesona  budaya suku Banjar inilah yang menjadi magnet bagi pariwisata di Kalimantan Selatan dan Kota Banjarmasin khususnya buat menarik minat turis agar suka berkunjung ke tempat ini.

Bagi penikmat wisata kuliner khas Nusantara, sejak dulu Kota Banjarmasin merupakan ikon pariwisata kuliner paling lengkap di Indonesia seperti pada pasar terapung tradisional banyak menyediakan kudapan ringan khas suku Banjar di Kota Banjarmasin, dimana kudapan ringan ini sangat tepat dijadikan oleh-oleh khas Kalimantan Selatan. Apa sajakah itu ? Simak ulasan singkat dari kami di bawah ini :

1. Amplang

Kalimantan Selatan terkenal mempunyai camilan ringan yang berasa gurih yaitu sejenis kerupuk yang dikenal dengan sebutan amplang. Bahan baku utama pembuatan kerupuk amplang adalah ikan pipih yaitu sejenis ikan air tawar yang habitat alamnya adalah pada sungai dan rawa. Tapi seiring dengan semakin langkanya ikan pipih di sungai Kalimantan Selatan, para perajin amplang memilih ikan tenggiri atau ikan gabus untuk dijadikan campuran bahan baku utama dari kerupuk ini yang dikombinasikan dengan berbagai rempah dan bumbu khas resep turun temurun dari para sesepuh di desa.

Dengan tekstur olahan yang renyah dan lembut di lidah, plus aroma dan rasa ikan yang menggoda, gurih dan pedas, dijamin akan membuat anda ketagihan. Sentra pembuatan amplang paling terkenal adalah pada daerah Kabupaten Kotabaru, tapi saat ini seiring perkembangan pariwisata kuliner di seluruh wilayah Kalimantan Selatan berkembang sangat pesat maka menjadikan tempat ini sebagai sentra industri amplang yang mulai meluas dan berkembang di berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

2. Aneka jajanan basah

Jika anda adalah penggemar jajanan basah yang berasa unik tetapi lezat untuk dijadikan oleh-oleh maka berkunjunglah ke toko Wadai Banjar di Jalan Ahmad Yani km 2 nomor 83A, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di toko ini, dijual beragam varian kudapan dan kue basah khas Banjar.

Ada kue bingka berbagai macam rasa seperti pandan, labu, nangka dan durian. Lalu ada beragam macam kue seperti bolu dan roti berbahan labu atau waluh dengan berbagai rasa seperti keju, choco chip dan berry. Juga ada kue yang tampak seperti es krim berasa durian. Namanya adalah cake soft durian. Duriannya memakai durian jenis Kasongan, khas dari Kalimantan Tengah yang berasa sangat manis dan gurih.

Cake soft durian ini cukup unik karena tampak seperti es krim dan rasanya dingin dengan cita rasa durian yang sangat kental karena disimpannya di freezer.

Harga yang ditawarkan terhadap kudapan ringan tersebut di atas di toko ini bervariasi. Kisarannya antara belasan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Untuk sekotak cake soft durian adalah lebih murah, hanya Rp. 10.000 per cup. Toko ini sekilas pandang tampak kecil dari jalan raya, namun tokonya bersih dengan etalase yang berisi berbagai kudapan ditata rapi di dalamnya.

Toko ini cukup banyak digemari oleh para pelancong (apalagi turis Jepang) yang ingin berburu kudapan khas Banjar untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Jika anda berminat, silahkan mampir ke sana. Jangan lupa untuk menggunakan jasa rental mobil dari nabilrental.com. Kami adalah penyedia jasa sewa mobil terbaik di Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *