Museum Wasaka di Banjarmasin

Museum Wasaka Banjarmasin – Satu lagi yang bisa dikunjungi di Banjarmasin adalah museum Wasaka. Museum ini berada di pinggiran sungai Martapura, berdampingan dengan jembatan Banua Anyar, tepatnya di Jalan Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70122.

Kata Wasaka sendiri berasal dari bahasa Banjar Waja ke bahasa Kaputing yang berarti bahwa jika Anda melakukan sesuatu, itu harus dilakukan dengan baik, benar, dan menyeluruh. Wisata budaya ini berada di area 1 Ha dan merupakan rumah tempat tinggal yang diubah menjadi museum. Tujuannya agar bangunan ini dapat dilindungi dari kepunahan. Museum ini berbentuk rumah Banjar dengan punggung bukit tinggi yang terbuat dari kayu ulin.

Keunikan Museum Wasaka di Banjarmasin

Wisatawan tertarik pada bentuk bangunan dalam bentuk panggung dimana pilar-pilar yang menopang rumah sangat kuat, bahkan Wisatawan bisa masuk ke bawah rumah tinggi. Saat memasuki museum di setiap dinding ada foto dan lemari kaca yang merupakan koleksi peninggalan perang kemerdekaan. Ada juga beberapa senjata yang digunakan selama perang Banjar selama revolusi fisik seperti pedang, senapan dan mortir.

Ada juga foto-foto pejabat gubernur yang telah bertugas sejak 1953 hingga sekarang. Benda kuno, seperti mesin tik, kamera, sepeda kuno digunakan untuk mengirim surat dan surat tersembunyi di tubuh sepeda sehingga Belanda tidak ketahuan. Bahkan ada foto Pangeran Antasari yang dinobatkan menjadi pahlawan nasional di era Megawati.

Di seberang museum, Anda bisa melihat sungai Martapura sehingga banyak angin berhembus ke arah museum, sehingga kesejukannya terasa sekali di dalam museum. Menarik untuk dilihat tetapi itu adalah masalah umum yang terjadi di setiap kota, yang namanya adalah museum yang jarang dikunjungi. Selain itu, bentuk unik bangunan Banjar layak untuk dilestarikan sebagai sumber pengetahuan dan aset daerah yang berharga.

Meski memasuki museum tidak dipungut biaya, hanya mengisi buku tamu di depan pintu masuk. Pada dasarnya, Wisatawan sangat suka mengunjungi museum, jadi kunjungan ini juga mengesankan Wisatawan terutama karena mata sungai terbentang dengan rumah panggung dengan gaya Banjarmasin. Mengenal sejarah dan budaya museum adalah hal yang paling berharga untuk diingat.

Untuk Anda yang tertarik dan ingin mengunjungi museum ini, bisa menggunakan mobil atau motor. Dan untuk wisatawan domestik ataupun mancanegara bisa menghubungi Nabil rental selaku penyedia rental mobil di Banjarmasin. Anda akan mendapatkan pengalaman wisata terbaik bersama CV. Nabil Group. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.