Masjid Sultan Suriansyah – Banjarmasin adalah Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan wilayah metropolitan. Terkenal sebagai kota religius, Banjarmasin memiliki beberapa tempat wisata religi yang kental dengan sejarah, salah satunya adalah Masjid Sultan Suriansyah.

Banjarmasin memang terkenal dengan adat istiadat Islam yang begitu kental. Dan disana ada sebuah masjid bersejarah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur ke Banjarmasin.

Masjid ini adalah masjid bersejarah yang cocok dijadikan destinasi wisata religi saat berkunjung ke Kalimantan Selatan. Banyak wisatawan yang berkunjung karena tempat wisata ini tak kalah menarik jika dibanding dengan wisata budaya lainnya.

Sejarah Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin

Masjid ini terletak di Jl. Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70127. Bangunan bersejarah ini dibangun pada era pemerintahan Sultan Suriansyah, Raja Banjar kesatu yang  beragama Islam. Diperkirakan berdiri masjid ini antara tahun 1525-1550 M.

Bangunan masjid tua yang berukuran 26,1 x 22,6 m telah mengalami perubahan saat pemugaran bagian atapnya. Akan tetapi, wujud aslinya yaitu atapnya yang berbentuk tumpang empat masih tampak dengan jelas.

Nama lain dari Masjid tersebut juga dikenal dengan Masjid Kuin telah menjadi objek wisata religi bersejarah karena lokasinya berada di tepi sungai Kuin yang berdekatan dengan makam Sultan Surianysah. Para wisatawan pun semakin tertarik ingin mengenal lebih jauh wisata religi satu ini.

Memiliki keunikan tersendiri, masjid tersebut mempunyai atap yang masih terjaga keasliannya hingga saat ini. Namun sayangnya, pada puncak masjid telah mengalami perubahan yang diganti dengan kubah. Walaupun begitu, wujud asli dari atap yang berbentuk tumpang empat masih bisa dilihat sangat jelas.

Lokasinya yang berada di pinggir sungai kuin, membuat siapa saja yang datang berkunjung melalui jalur air bisa dengan mudah singgah ke tempat wisata. Nah, para traveller bisa menaiki bus air atau longboat untuk menuju lokasi masjid tertua Sultan Suriansyah.

Selain jalur air, para traveller yang ingin berwisata ke masjid tersebut juga bisa melalui jalur darat yang persis melewati tepian masjid. Dengan jalur darat ini para wisatawan bisa dengan mudah berziarah ke makam Sultan Suriansyah.

Bagi para traveller yang ingin mengenal sejarah Masjid tersebut, ternyata juga bisa sekaligus menyempatkan berziarah ke makam Sultan Suriansyah karena letaknya yang berdekatan. Liburan yang menyenangkan tidak selalu harus berwisata ke pantai atau gunung.

Menikmati sejarah jauh lebih menarik karena selain menambah wawasan sejarah, tentu akan menjadi liburan yang paling mengesankan. Ya, salah satunya dengan berkunjung ke Masjid Sultan Suriansyah. Butuh transportasi untuk wisata Banjarmasin? Anda bisa sewa mobil di Nabil Rental, pilihan banyak dengan harga sewa yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.