Wisata Kampung Sasirangan Banjarmasin

Kampung Sasirangan Banjarmasin – Tempat ini merupakan salah satu wisata ikonik di Kalimantan, yaitu sebagai tempat untuk memproduksi batik tradisional khas pulau ini. Lalu, apa saja menarik yang perlu diketahui seputar objek wisata yang satu ini? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut :

Lokasi Wisata Kampung Sasirangan

Tempat wisata sentra kain sasirangan ini terletak di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Jalan Seberang Mesjid. Tempat wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2010 lalu dan sudah menjadi salah lokasi yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Kota Banjarmasin.

Objek wisata tersebut merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin berburu kain etnik tradisional khas nusantara. Di samping itu, pengunjung juga bisa membeli berbagai macam souvenir unik yang bahannya terbuat dari kain sasirangan.

Hal Menarik di Kampung Sasirangan

Ada banyak hal menarik yang akan Anda temukan dan membuat terkagum saat berkunjung ke Kampung Sasirangan. Tempat wisata ini merupakan pusat perbelanjaan kain etnik khas yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Bentuk kerajinan kain sasirangan yang dijual di tempat ini antara lain adalah baju, aksesoris, dan dompet. Objek wisata ini selalu ramai pengunjung terutama di hari libur karena lokasinya yang terbilang strategis.

Sejarah Kain Sasirangan

Sasirangan merupakan jenis kain etnik khas Kalimantan Selatan yang merupakan warisan turun temurun nenek moyang sejak zaman kerajaan. Pada zaman dahulu, kain ini juga dijadikan sebagai media pengobatan, sehingga pemberian warnanya tidak dilakukan secara sembarangan.

Pemberian warna ini sesuai dengan pesanan berdasarkan jenis penyakit yang akan disembuhkan. Pengobatan menggunakan media kain sasirangan ini sudah melekat di masyarakat Banjarmasin. Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini sasirangan diminati banyak pecinta kain tradisional.
Kepopuleran Kain Sasirangan

Kampung Sasirangan semakin ramai pengunjung seiring dengan meningkatnya kepopuleran dari kain tersebut. Sasirangan mempunyai nama lain kain calapan karena proses pembuatannya menggunakan teknik ikat celup. Pada zaman dahulu, kain ini dijadikan sebagai pakaian yang digunakan untuk mengikuti upacara adat Banjar, seperti dalam bentuk kakambang, tapih bumin, dan bentuk laung. Namun, sekarang kain sasirangan kian populer hingga digunakan sebagai bahan seragam untuk pegawai kantor pemerintah.

Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan layanan jasa rental mobil dari Nabil Rental, perusahaan resmi CV. Nabil Group. Tersedia banyak mobil yang bisa Anda sewa dengan harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.