Kotabaru,terkenal dengan lagu Paris barantai
“Kotabaru gunungnya Ba’ mega
Ba’ mega umbak manampur di sala karang
Umbak manampur di sala karang…. ”
sedikit petikan lagu paris barantai
Tapi tentu nya banyak orang di luar daerah kotabaru belum mengetahui keberadaan kotabaru, itu dari pengalaman saya,dari pelanggan2 yang nanya,sist tinggal dimana ? sy jawab kotabaru..

kotabaru ? dimana tuh..baru pernah dengar..

hmm berarti kotabaru masih belum terkenal kan, ya iyalah wong kotabaru kota nya cuma kecil…lha,kalau gtu apa kita sebagai penerus kab kotabaru tidak prihatin dg itu ?

hayuk semua nya, generasi penerus kotabaru, kita promosikan kota kita tercinta ke mata seluruh indonesia ? kalau bisa ke mata dunia.. hehe

promosi nya bagaimana ? siapa sih yg sekarang tidak kenal dg dunia maya… upload tuh tempat wisata kita..

emank apa aja tempat wisata yang ada dikotabaru ?

waaaah, amat sangat banyak sekali..baik itu berupa Wisata Alam, Wisata Buatan, Wisata Religius, Wisata Sejarah/Wisata Budaya, dan Wisata Adat yang cukup potensial untuk dikembangkan.
bagi pecinta traveling, masukkan ke daftar kalian dg tujuan kotabaru..
Inilah Daftar Wisata alam yang sudah auda kunjungin dikotabaru

Siring Laut 
auda sih bukan hanya pernah kesini,, tapi sering banget ..disini Sebuah tempat yang menjadi pusat acara, sebuah tempat berkumpulnya orang, sebuah tempat yang menjadi jantung keramaian Kotabaru. tempat itu sangat indah. Pemandangan laut di tengah kota. Bisa menyaksikan Sunset setiap hari sambil cuci mata. Biasanya banyak pengunjung mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia. Di siring laut banyak terdapat warung-warung tenda yang menjual berbagai macam kuliner, juga banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam mainan anak-anak. Anak-anakpun bisa menikmati permainan di sana seperti kereta kelinci, menyetir mobil-mobilan,dll
Di Siring laut juga sering diadakan festival kebudayaan, festival musik dll, pemerintah kota disana menyediakan panggung umum dan terbuka tepat berada diatas gedung kesenian, dan ada juga panggung yang membelakangi laut, jadi bisa menyaksikan pertunjukan sambil melihat pemandangan laut. Hebat kan tuh…..

Pemandangan depan siring laut, tepat dibelakang gedung DPRD.. cocok buat hunting foto






















































Air Terjun Tumpang Dua

Air Terjun Tumpang Dua yang berlokasi di desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara. Air terjun Tumpang Dua Merupakan kawasan objek wisata yang sangat menarik, indah dan sejuk dengan fasilitas kolam renang alami yang sangat nyaman, santai buat keluarga dengan suasana alam pegunungan yang jarang terdapat di daerah lain.  


Pantai Gedambaan
Belum lengkap kalau wisata ke Kabupaten Kotabaru kalau kita belum mengunjungi pantai Gedambaan 14 km dari Kota Kotabaru dengan tempat wisata pantai dengan pasir putihnya tersebut pemandangan yang khas dan ditambah sarana pendukung seperti Cottage (penginapan), Mushola, Kolam Pemancingan dan Warung Makan serta tempat duduk yang banyak tersedia. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang sangat indah dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kotabaru. Pantai ini terus dikembangkan dan pasilitasnya terus ditambah. Pada tahun 2006 dibangun kolam renang di kawasan sekitar pantai tersebut. Pantai ini selalu ramai dikunjungi khususnya pada hari sabtu da hari minggu. Selain itu juga tersedia sarana parkir yang luas akan memudahkan kita untuk berpiknik di Pantai Gedambaan. Dan tidur di Cottage Pantai Gedambaan.

pemandangan dibelakang pantai

Pemandian Air Panas Desa Sigam
Selain Pantai Gedambaan yang selalu padat pengunjungnya, wisata alam air panas di Desa Sigam juga memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.
Banyaknya pengunjung ke lokasi air panas Desa Sigam karena adanya anggapan dengan mandi air panas di Km 4 tersebut dapat membantu menyebuhkan penyakit kulit, walau penyakit tersebut sebelumnya sudah diobati dan tidak kunjung sembuh. Selain itu mandi air panas juga dipercayai dapat membugarkan tubuh yang letih dan lelah setelah bekerja keras.

Tanjung Ketapang
Pantai Tanjung Ketapang berjarak 10 KM dari Kota Baru, Kalimantan Selatan dan merupakan salah satu tempat wisata warga Kota Baru, khususnya di hari libur.

Teluk Gosong
Ada lagi pantai yang tak kalah indah dari pantai Gedambaan. Tempatnya masih alami, namanya Teluk Gosong, pantai yang dihiasi dengan bebatuan.
Tapi jujur saya lebih menyukai Pantai Teluk Gosong ini.Selain perawan, pantai yang tidak jauh dari Pantai Gedambaan ini memiliki pemandangan yang lebih eksotis.Karena pasirnya lebih putih, air lautnya jernih, ada bebatuan besar di bibir pantai & tentu saja sepi dari pengunjung.

Menikmati Terumbu Karang di Teluk Tamiyang
Salah satu keindahan alam yang menarik adalah gugusan terumbu karang didaerah Teluk Tamiyang yang berada di dalam kawasan Kecamatan Pulau Laut Barat.Berbagai jenis terumbu karang Teluk Tamiyang
Keaslian terumbu karang yang belum tersentuh ini semakin menarik karena kejernihan air laut di daereh tersebut.perjalanan dari tanjung serdang menuju teluk tamiyang sekitar 80 Km  Potensi alam yang demikian indah ini dianngap sebagian banyak orang tak kalah bagusnya dengan terumbu karang di kawasan wisata Taman Laut Bunaken yang berada didaerah Sulawesi Utara.

Tanjung kunyit
Jarak dari teluk tamiang ke tanjung kunyit jika menggunakan kapal nelayan skitar 20menit… disini terdapat mercusuar yang tinggi nya kurang lebih 20m

Pulau Samar Gelap Pulau Telur Penyu 
Dari kejauhan terlihat samar-samar apabila menjelang senja.
untuk menuju kesini, dari pelabuhan kotabaru menempuh waktu 2 jam perjalanan dengan menggunakan speed

 

view diatas mercusuar

 

view diatas mercusuar

Love Island (Pulau Cinta)
Tau ngga sih Pulau cinta ( Love Island ) yang berada di Desa Tanjung Lalak, Pulau Laut Kepulauan, Kotabaru, yang konon ceritanya kalau kita berniat mencari jodoh datang ketempat itu aja ada Puluhan pasang remaja menggantungkan sepasang batu sebagai tanda mata di pepohonan di Pulau Cinta bertujuan sebagai tanda ikatan cinta keduanya. “Banyak remaja yang ingin hubungannya mencapai pernikahan, mereka datang dan menggantungkan batu di dahan pohon di sini, Setelah cita-citanya tercapai yaitu setelah pernikahan keduanya, pasangan tersebut kembali datang ke Pulau Cinta dan melepaskan batu atau benda lain yang digantungkan di dahan pepohonan di pulau yang terdiri dari kumpulan bongkahan batu raksasa dan ditumbuhi pohon halaban serta kelapa. Selain pasangan remaja yang datang, hampir setiap dua hari sekali Pulau Cinta juga didatangi masyarakat yang memiliki keinginan dan menggantungkan benda tanda mata di dahan dengan harapan kelak dapat kembali melepas gantungan tersebut setelah keinginannya terkabul. “Untuk melestarikan budaya di Pulau Cinta,masyarakat setempat mengemasnya dengan pesta adat melepas sepasang ayam jago dan betina yang diperebutkan pengunjung. Bagi siapa yang mendapatkannya, maka diyakini akan mendapat berkah dari Allah SWT, dan Pulau Cinta ini terus di promosikan oleh pemerintah Kab. Kotabaru ke luar daerah bahkan kalu bisa sampai ke manca negara sebagai salah satu wisata yang ada di Kotabaru, 

Pantai Labatan
Mungkin untuk masyarakat kotabaru masih asing dengan pantai ini,, tpai tempat nya eksotis banget.. pasir masih berwarna putih.. pokok nya kereeeeen abis.. pantai labatan terletak di lontar kec pulau laut barat..



Batu Jodoh (Teluk Aru)
Batu Jodoh terletak di Pantai Aru Kecamatan Pulau Laut Selatan merupakan tempat yang dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat terkabul segala ikrar sepasang kekasih. Perjanjian atau ikrar dilakukan dengan duduk di atas kedua batu tersebut kemudian sepasang kekasih tersebut saling berikrar dengan begitu mereka meyakini bahwa ikrar mereka tersebut dapat terkabul. Keyakinan ini sudah dipercaya masyarakat secara turun temurun sehingga banyak wisatawan yang melakukan ikrar di atas batu tersebut sebagai pembuktian dari keyakinan masyarakat




with kk auda yg pertama

Teluk kemuning
Menikmati sunset diteluk kemuning, Subhanallah benar2 indaaaah bgt..

Naik Jukung di Lontar

 



Hasil Rumput laut di Teluk Tamiang



Bandara yang ada di Lontar

 

 


Batu Ladung

Batu ladung ini pertengahan jalan menuju lontar.. subhanallah jalanan disini amat sangat mengerikan

 

 

Itulah foto-foto tempat wisata yang sudah auda pernah kunjungin..
masih ada yang belum terupload, tapi cukup sekian dulu yaa …

Ini dia tempat wisata yang belum pernah auda kunjungin
Air Terjun Seratak
Air Terjun Seratak adalah kawasan wisata alam dan tirta dengan air terjun yang alami serta dengan tumbuhan anggreknya yang sangat menarik. Air terjun Seratak cukup mudah dicapai, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari kota Kotabaru ke Desa Seratak cuma berjarak 22 km, yang dapat ditempuh dalam waktu antara 20 sampai 30 menit. Sedangkan untuk menuju kawasan air terjun, harus ditempuh jalan setapak sekitar 2,5 km. Jika kita berjalan kaki dengan santai cukup satu jam sudah sampai ke air terjun.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar empat meter dan di bawahnya terdapat kolam yang luas itu, sangat strategis dijadikan obyek wisata pilihan dari sejumlah obyek wisata alam serta wisata budaya di “Bumi Sa-Ijaan.
Di sekitar air terjun terdapat telaga yang indah. Airnya sangat jernih dan mengalir ke sela-sela batu-batu raksasa serta bebatuan kecil dan keras di bawahnya. Sementara itu pohon-pohon yang menjulang di sekitar lokasi masih rindang dan cukup asri untuk dapat dinikmati kala beristirahat menghilangkan kepenatan.
Ditambah suasana lingkungan yang masih perawan itu membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan mancanegara, terlebih di antara bebatuan terdapat sebuah batu yang berbentuk mirip kura-kura.
Jalan sekitar menuju air terjun dan kawasan tangkapan air juga terdapat pohon buah-buahan, diantaranya langsat dan durian.
Di kawasan tersebut juga layak dikembangkan agrowisata. Sambil menikmati keindahan alam, pengunjung dapat mengonsumsi buah-buahan.

Untuk memudahkan pengunjung menuju objek wisata, pemerintah berencana membuat jalan undakan di beberapa tempat. Di jalan undakan tersebut akan dibuat shelter-shelter untuk para pengunjung yang ingin beristirahat.

Temuluang, Goa Paling Kaya Dari luar, Goa Temuluang tak menarik. Mulut goa penuh semak belukar. Untuk mencapainya juga harus lewat jalan setapak. Itulah sebabnya goa di dekat Desa Bangkalaan Dayak, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, itu bukan obyek wisata terkenal.
Namun, kesan pada Temuluang tadi bisa berubah begitu kita menyusurinya. Dalam goa horizontal itu ada aliran sungai di lorong gelap. Menurut warga, panjang Temuluang mencapai empat kilometer, tiga kilometer di antaranya berupa alur sungai selebar sekitar enam meter dengan dalam sekitar tiga meter. Untuk menyusuri Temuluang tidak cukup dengan berjalan kaki. Pengunjung juga perlu jukung ketinting, yakni perahu motor tempel.
Di Kalimantan Selatan (Kalsel) kondisi seperti itu diperkirakan cuma ada pada Goa Temuluang. Meski jauh dari Banjarmasin (350 kilometer arah timur) dan 150 kilometer arah utara Kotabaru, Temuluang sudah jadi rebutan para pemburu sarang burung walet sejak zaman penjajahan Belanda. Sekarang pun Temuluang dikenal sebagai penghasil sarang walet terbesar di Kalsel.

Pulau kerayaan
Pasir pantai yang putih, air laut yang jernih, ikan-ikan kecil bolak-balik di air yang dangkal, pohon-pohon nyiur yang melambai, bahkan tidak perlu pergi jauh ke Bali atau Lombok untuk menemukannya. Cukup di sini, Pulau Kerayaan.


 

Masih banyak tempat wisata yang tidak terupload di blog ini,karena cuma ini yang baru auda tau..

contoh nya

– Tanjung Dewa dengan keindahan Bebatuan yang indah dan sering dikunjungi oleh warga     Tionghoa untuk memenuhi hajat

– Pulau Manti dengan Pantai tempat Penyu bertelur dan terumbu karang

– Pulau Birah-Birahan dengan Pantai tempat Penyu bertelur dan terumbu karang

– Pantai Mekar Putih dengan Keindahan pantai dan panorama alam

– Goa Tangkinang

– Goa Liang Kadap

– Goa Tingkat Tujuh
– dll

2 comments on “Wisata Kotabaru Kalsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *