1. Museum Lambung Mangkurat

museum lambung mangkurat

Teman-teman bisa mendatangi museum lambung mangkurat yang ada di Banjarbaru. Memang sih, kebanyakan yang berkunjung hanya para pelajar. Itu pun mungkin terpaksa karena tugas di sekolah. Tapi, sebenarnya banyak hal menarik yang ada di museum ini. Seperti museum pada umumnya, di museum ini ada benda-benda sejarah, ada pula alat peraga sains centre. Trus ada pula acara rutin yang digelar pihak museum setiap bulan Maulud (Rabiul Awal), namanya “Baayun Maulud”.

2.  Tempat Pendulangan Intan – Cempaka

pendulangan intan cempaka

Intan Martapura yang tersohor bahkan sampai ke luar negeri itu sebenarnya ngambilnya ya dari tempat Pendulangan Intan di Jl HM Cokrokusumo, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. Nah..kalau ingin mengetahui segala macam kegiatan para pendulang intandapat langsung bertanya pada warga yang ada di sana. Kita juga bisa melihat bagaimana pendulang intan melakukan pekerjaannya, mulai dari menyaring pasir di alat penyaring intan yang  bernama Linggangan. Lalu ada alat atau mesin tradisional yang dinamakan warga di sana dengan sebutan Sambuk, Sambuk ini berguna untuk memompa, menyaring dan memisahkan air untuk keperluan pendulangan.

Ada pembelajaran yang bisa didapat dari proses pendulangan intan, antara lain betapa begitu panjangnya sebuah proses batu intan yang bisa bernilai ratusan sampai jutaan rupiah itu sampai ke tangan peminatnya. Dari mentahan yang masih berupa batuan kecil kasar menyerupai pasir, sampai dengan bentuk sempurnanya. Namun sayang, meskipun memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan, rupanya tempat wisata ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

Jalan masuk menuju tempat wisata yang kecil dan harus memalui pekarangan rumah warga. Tidak adanya tempat bernaung ketika pengunjung mendatangi tempat wisata adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, mengingat apabila pengunjung datang di siang hari hawa panasnya sangat menyengat.

Jadi, bagi warga masyarakat yang menginginkan wisata yang berbeda, silahkan saja datang ke tempat wisata pendulangan intan yang ada diKecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru ini. Tapi dengan satu syarat, Anda harus siap berpanas-panasan.

3.      Bekantan Park

bekantan park

Bekantan Park terletak di Jl. Guntung Manggis banjarbaru yang merupakan obyek wisata outbond yang didedikasikan untuk anak-anak. Tetapi bagi anda yang suka foto – foto, tempat ini merupakan daftar wajib untuk dikunjungi. Dengan biaya 15rb anda bisa masuk ketempat ini dan menikmati berbagai hal menarik. Di pintu masuk tempat wisata ini, terdapat patung bekantan yang besar, yang menghiasi pintu masuk tempat wisata tersebut. Di dalamnya terdapat mainan anak-anak seperti flying fox, jembatan tali yang dibawahnya tersedia kolam. Dan juga terdapat berbagai binatang seperti biawak, kura – kura dan beruang. Hal yang paling menarik disini ialah terdapat banyak patung bekantan dengan berbagai model, selain itu juga ada patung alien lengakap dengan pesawat UFO nya dan ada juga miniatur Jembatan Barito. Para pecinta photography juga sering berkunjung ketempat ini untuk berfoto dan mengambil gambar yang cocok untuk dijadikan momen indah. selain di dalam, diluar juga bagus untuk berfoto karena latar belakang pintu masuk yang indah yang didesain seperti bekantan. (hanya buka hari Sabtu dan Minggu sampai jam 2 siang)

4.      Danau Seran

danau seran

Di Banjarbaru ada sebuah Danau, namanya Danau Seran dan letaknya di Guntung Manggis. Memang, danaunya kecil. Danau ini terbentuk dengan sendirinya bekas pendulangan intan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dan PT. Galuh Cempaka. Suasana danau ini sejuk dan tentunya menyenangkan. Banyak warga yang suka bersantai disekitar danau tersebut. Lokasi : Jl. Guntung Manggis

5. Meek – Farm

meek farm

Meek farm merupakan agrowisata durian yang diresmikan pada tanggal 11 Nopember 2008 oleh Bapak Rudy Resnawan. Ada 24 varietas durian di lahan seluas 10 hektar yang ada di sini. Pemiliknya adalah bapak Willi. Letaknya tak jauh dari Bekantan Park.

6.      Kolam Pemancingan

Di banjarbaru banyak sekali bertebaran kolam-kolam pemancingan ikan. Ada Kolam pancing  PINUS HIJAU, ada pula UPTD Pasar benih ikan Banjarbaru. Yang menarik dari kolam pemancingan ini, karena ikan yang dipancing dapat langsung dimasak di tempat itu. Apalagi di daerah hutan Pinus Banjarbaru. Suasananya dijamin adem.

7.      Mustika Dunia Fantasi

mustika dunia fantasy

Mustika Dunia Fantasi memberikan pilihan tempat rekreasi baru di Kota Idaman. Letaknya di daerah Liang Anggang. Ada beberapa wahana yang ditawarkan. Terakhir datang kesini wahana yang sudah siap sih water boom. Wahana yang lain masih dalam tahap pembangunan.

8.      Kota Citra Graha

Kota Citra Graha merupakan alternative pilihan wisata yang dapat dikunjungi di Banjarbaru. Sebenarnya Kota Citra merupakan lokasi perumahan dengan fasilitas golf driving range, arena outbond, danau buatan, sport center, dan berbagai fasilitas rekreasi lainnya. Namun, masyarakat juga dapat menikmati segala fasilitas yang ada. Termasuk danau buatan yang ada di tengah kawasan perumahan. Di sini Anda bisa piknik bersama keluarga sambil makan, mencoba permainan air seperti jetsky dan bebek air. Ada juga flying fox sepanjang 100 meter untuk memacu adrenalin Anda.

9.      Lapangan Murjani

Lapangan Murjani merupakan magnet kota Banjarbaru.  Tiap Minggu pagi di Lapangan Murjani Banjarbaru memang asik untuk di kunjungi , baik untuk anak-anak, remaja, bahkan untuk manulapun Lapangan Murjani menjadi tempat favorit. Alun-Alun Kota Banjarbaru (Lapangan Murjani). Jl Panglima Batur No. 1 ((Depan Balai Kota)), Banjarbaru, memang tempat asik untuk nongkrong kalau tiap sorenya Lapangan Murjani ini tempat tongrongan anak-anak muda baik Banjarbaru maupun Martapura, karena disana tempat para anak muda mengekspresikan bakatnya, baik musik, olahraga, seni tari, dan lain-lain tanpa ada yang mengganggu, juga selalu tersedia kuliner yang enak-enak, baik lesehan maupun duduk khususya pentol bakso yang jadi favorit anak-anak muda Murjani.Tapi kalau Minggu pagi tempat ini menjadi ajang favorit bagi pencinta olahraga Joging.

10. Taman Van De Pijl

Kota Banjarbaru juga dikenal sebagai kota 1000 taman. Taman Van De Pijl hanya satu diantara sekian banyak taman yang ada. Ada pula Taman Air Mancur, Taman Chandra Kirana, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *