Wisata Pulau Kembang di Sungai Barito Banjarmasin

pulau kembang

Rental Mobil Banjarbaru – Penulis ingin menceritakan tentang pulau kembang. Apa sih itu pulau kembang dan dimana letak ? Pulau Kembang ialah sebuah delta yang terletak di tengah sungai Barito yang tergolong di dalam distrik administratif kecamatan Alalak, salah satu provinsi Kalimantan Selatan. Pulau Kembang terletak di sebelah barat Kota Banjarmasin.

Pulau Kembang diputuskan sebagai hutan wisata menurut SK. Menteri Pertanian No. 788/Kptsum12/1976 dengan luas 60 Ha. Provinsi Kalimantan Selatan dengan ibukotanya Banjarmasin sangat berpotensi jika dikembangkan tempat wisatanya, baik berupa Wisata Alam, Wisata Buatan Modern, Wisata Religius, Wisata Sejarah/ Budaya dan Wisata Adat khas Melayu Banjar.

Salah satu objek wisata yang dikembangkan wilayah provinsi Kalimantan Selatan ialah objek wisata alam Pulau Kembang. Sesuai dengan ruang yang terdapat pada artikel ini, pengarang akan mengemukakan sekilas sejarah Pulau Kembang.

Dari manakah asal usul kera Pulau Kembang ? dalam sebuah kisah disebutkan ada di antara dari keturunan raja di Kuin tidak dikaruniai keturunan.

Berdasarkan keterangan dari ramalan berpengalaman nujum pada saat tersebut jika hendak mempunyai anak maka mesti ke Pulau Kembang dengan menyelenggarakan upacara badudus (mandi-mandi). Ramalan dan nasihat berpengalaman nujum ini dilakukan oleh kerajaan.

Setelah sejumlah waktu sepulang menyelenggarakan upacara di Pulau Kembang ternyata istri dari keturunan raja yang dimaksud hamil. Begitu bahagianya family raja mendengar urusan gembira tersebut. Maka raja yang berkuasa menyuruh petugas kerajaan untuk mengawal pulau tersebut supaya tidak terdapat yang merusak dan mengganggunya.

Petugas kerajaan yang menemukan perintah mengawal Pulau Kembang tersebut membawa dua ekor kera besar, jantan dan betina yang diberi nama si Anggur. Konon menurut kisah yang beredar sesudah sekian lama petugas kerajaan ini menghilang secara ghaib tak diketahui kemana perginya. Sedangkan kera yang ditinggalkan berkembang biak dan menjadi penghuni Pulau Kembang.

Cerita diatas adalah legenda yang mungkin benar kejadiannya atau mungkin salah. Anda dapat menyimpulkan sendiri, yang terpenting jika liburan di kota Banjarmasin ingatlah Nabil Rental untuk jasa sewa mobil terbaik dan terpercaya di Kalimantan Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *