Pusat Kuliner Khas Banjarmasin Di Tepian Sungai Martapura

tepian sungai martapura

Sewa Mobil Banjarmasin – Kami ingin memberikan sedikit informasi tentang pusat kuliner khas Banjarmasin yang ada di tepian sungai Martapura. Pusat kuliner Kota Banjarmasin yang berada di Jalan Raya Pos yang menghubungkan antara Jalan Sudirman dan Jalan Hasanudin di pusat Kota Banjarmasin.

Kuliner Khas Banjarmasin

Di jalan – jalan raya sepanjang 300 meter di pusat kota ini, terdapat sekitar 52 kios makanan yang menjual aneka kuliner khas Banjarmasin seperti laksa, nasi kuning, soto banjar dan lupis. Selain itu, ada nasi goreng sebagai hidangan nasional dan kuliner dari daerah lain seperti masakan Padang dan Palembang, masakan Eropa dan Jepang atau seafood dan masakan Cina yang melegendaris.

Dodol Kandangan

Pada salah satu kios, anda akan menjumpai pedagang kue manis dan legit khas Banjarmasin bernama dodol kandangan. Seperti dijelaskan sebelumnya, bukan cuma soto banjar saja yang populer di Kalimantan Selatan, juga dtemukan kuliner lain yang tak kalah lezat dengan soto banjar yaitu dodol kandangan. Sesuai namanya, dodol ini berasal dari daerah Kandangan, salah satu kota kecil yang ada di Kalimantan Selatan.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang menonjol antara dodol Kandangan dengan dodol-dodol lainnya di Nusantara. Yang membedakan hanyalah ukurannya yang lebih tipis dan manis sehingga banyak yang suka dan ingin mencicipi dodol khas kota Banjarmasin ini. Sama seperti dodol yang biasa anda cicipi, dodol andangan mempunyai banyak rasa. Beberapa diantaranya yang paling sering diburu pelancong adalah dodol durian dan dodol nangka yang berasa sangat manis.

Dodol kandangan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Kalimantan Selatan. Dodol – dodol ini dikemas cantik dan dalam paket besar berlabel kota asalnya, yaitu Kandangan. Harganya sekitar Rp. 75.000/10 bungkus. Masing – masing bungkus memiliki berat 60 gram.

Seafood

Bagi yang suka sajian dari laut, anda bisa mampir ke kios seafood yang khusus menyediakan sajian laut berupa ikan patin bakar atau ikan lais bakar. Sajian berupa ikan bakar memang umum dijumpai dimana-mana pada daerah wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, seperti ikan patin bakar ala Banjarmasin ini paling enak disantap bersama dengan sayur lalapan segar dan sambal terasi pedas.

Karena rasa daging ikan yang gurih dan jarang ada tulang, serta sambal khas sebagai teman untuk menyantapnya, banyak pengunjung yang suka mampir ke kios makan seafood untuk menyantap satu paket sajian sederhana ini. Variasinya adalah ikan lais bakar.

Soto Susu Banjar

Pada kios lainnya, anda bisa mencicipi sajian unik yang hanya ada di kota ini saja yaitu soto susu banjar. Apakah anda pernah mencicipi sajian unik yaitu minum susu sambil makan soto ? Atau susu dicampur menjadi bahan utama membuat soto yang berasa gurih dan pedas ? Bagaimana rasanya ? Kenyataannya makanan unik ini ada di Kota Banjarmasin sebagai salah satu kuliner khas kota ini, namanya soto susu banjar.

Soto ini terbuat dari campuran suwiran daging ayam kampung muda, ditambah mie putih, cincangan seledri untuk memberi wangi kuah soto, selanjutnya disiram kaldu dari susu murni dicampur rempah – rempah khusus seperti jahe yang bermanfaat untuk menghangatkan badan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Rasanya gurih dan lezat seperti sup khas orang Perancis, wajib untuk anda coba !

Demikianlah sedikit pengetahuan tentang pusat kuliner yang ada di tepian sungai Martapura untuk anda kunjungi ketika liburan ke kota wisata Banjarmasin !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *