Bubur Manis Tradisional Banjar Di Kota Banjarmasin

Bubur Manis Tradisional Banjar

Rental Mobil Banjarbaru – Liburan ke kota Banjarmasin rasanya kurang lengkap jika anda tidak sempat menikmati semangkuk bubur manis tradisional ala orang Banjar yang memang paling tepat untuk mengusir hawa dingin di waktu malam hari sambil minum secangkir teh panas. Kalau anda mengira bahwa bubur ini seperti bubur beras pada umumnya yang bercita rasa gurih, maka cobalah mencicipi bubur manis tradisional khas kota Banjarmasin.

Selain bagus buat menghangatkan badan, bubur manis tradisional mampu menggoyang lidah penikmatnya terutama yang baru mencicipi makanan penutup ini. Aneka bubur yang pernah anda kenal di Nusantara memiliki cita rasa yang gurih dan manis untuk kelompok sajian penutup, rata-rata memang terbuat dari beras atau tepung beras dan bercita rasa gurih dengan baluran saos kental manis dari gula merah dicampur dengan santan dan parutan kelapa. Bubur manis tradisional ini sangat tepat dinikmati di musim hujan atau musim dingin.

Salah satu jenis bubur manis tradisional yang paling populer di kota Banjarmasin adalah bubur manis gunting. Bubur asal Banjarmasin ini terbuat dari tepung ketan, kapur sirih, dan sedikit garam dimana adonan dasarnya dibentuk memanjang sebesar pensil lalu di potong-potong menggunakan gunting. Kemudian direbus hingga matang, dan disajikan dengan santan yang telah dimasak dengan gula merah dan daun pandan. Rasanya sedap seperti bubur sumsum.

Jika anda ingin mencicipi bubur yang satu ini, namun belum sempat untuk mampir ke kota Banjarmasin. Anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Kota Banjarmasin untuk mendapatkan semangkok bubur gunting yang dijual pada kedai makanan tradisional hingga restoran mewah, anda bisa membuatnya di rumah, kami dapat membantu dengan memberikan sebuah resep praktis membuat bubur gunting khas Kota Banjarmasin, simak ulasannya di bawah ini ya sahabat pembaca.

Bahan dan bumbu dari bubur gunting khas Banjar adalah :

  • Tepung beras ketan, 125 gram
  • Air kapur sirih, ¼ sendok teh
  • Air daun suji ( dari campuran 20 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan), dibuat larutan sekitar 100 ml
  • Santan kelapa (dari ½ kelapa) menjadi ½ liter
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula merah (disisir halus), 150 gram

Cara membuat bubur gunting khas Banjar adalah :
1.Terlebih dahulu campurkan tepung beras ketan bersama dengan garam dapur, air kapur sirih, serta daun saji. Aduk rata sampai kalis.

2.Setelah menjadi adonan, kemudian bentuk dengan ukuran memanjang seperti pensil lalu potong menyerong dengan memakai gunting biasa.

3.Selanjutnya, tuang santan kelapa dalam panci dengan campuran garam dapur serta gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Rebus santan bersama dengan potongan adonan sambil sesekali diaduk secara perlahan supaya merata dan santan tidak pecah. Masak hingga mendidih dan matang dengan sempurna lalu diangkat.

4.Tuang dalam mangkuk saji dan hidangkan.
Bahan dan bumbu yang dipakai di atas disajikan dalam jumlah 5 porsi. Untuk jumlah yang lebih banyak lagi, anda tinggal menambahkan bahan dan bumbu bubur gunting sesuai kebutuhan. Pada beberapa resto besar di Kota Banjarmasin, koki mereka kerap memberikan topping ke dalam bubur ini berupa cincangan buah nangka, kelapa muda atau pasta buah durian. Rasa bubur guntingnya akan semakin mantap saat di konsumsi.

Demikian resep sajian spesial bubur gunting ala dapur rumah khas Kota Banjarmasin yang terkenal itu, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menyajikan menu buat sarapan pagi bagi keluarga di rumah.

Jika berlibur atau perjalanan bisnis di kota Banjarmasin atau Banjarbaru bisa menggunakan jasa kami. Nabil rental, jasa sewa mobil terbaik di Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *